23 Juli 2010

BUPATI LANTIK 194 KEPALA SEKOLAH SD


Karawang (Warjom)//Setelah menyelesaikan sejumlah proses administrasi, sebanyak 194 guru di Kabupaten Karawang secara resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai Kepala Sekolah. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah para kepala sekolah tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar di Plaza Pemkab Karawang, Kamis (22/7).

Bupati Dadang S. Muchtar dalam kesempatan tersebut mengingatkan, sumpah jabatan yang diucapkan saat prosesi pelantikan tersebut mengandung makna untuk bertanggungjawab atas amanah jabatan mereka. Terlebih pengucapan sumpah tersebut tidak hanya disaksikan oleh mereka yang hadir saat ini, melainkan juga disaksikan oleh Tuhan. “Dan hanya Tuhan yang mengetahui maksud saudara sesungguhnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati juga mengingatkan bahwa mereka yang dilantik hari ini merupakan para guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Namun sejatinya tugas mereka adalah tetap sebagai seorang guru. Oleh karena itu, setelah menjadi kepala sekolah harus tetap mempertahankan tugas pokok dan fungsi sebagai seorang guru, yaitu mengajar.

Bupati melanjutkan, sektor pendidikan merupakan salah satu sektor prioritas di Kabupaten Karawang, dan sejumlah kebijakan yang diambil telah menunjukkan sejumlah keberhasilan. Hal ini terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan di Kab. Karawang yang terus meningkat. Keberhasilan-keberhasilan di sektor ini bahkan telah membuat Karawang dijadikan sebagai contoh oleh daerah-daerah lain.

Bupati menjelaskan bahwa mereka yang dilantik hari ini sebenarnya telah menjalankan tugas sebagai kepala sekolah sejak 6 bulan yang lalu. Namun demikian, mereka baru secara resmi dilantik pada hari ini karena adanya proses administrasi yang harus ditempuh dan diselesaikan. “Mereka secara resmi dilantik dan diambil sumpah dengan harapan dapat memiliki motivasi dan ikatan yang erat dengan pekerjaan mereka,” tambahnya.

Untuk itu, Bupati berharap agar setelah dilantik sebagai kepala sekolah mereka dapat semakin meningkatkan kualitas kinerja mereka. “Jangan hanya mau naik jabatannya saja, melainkan kinerja pun harus ditingkatkan,” tambahnya seraya mengingatkan kepada para peserta untuk senantiasa bersyukur nikmat karena tugas dan jabatan tersebut merupakan amanah.

Tidak ada komentar: